Artikel Jadul

netboard

nemu artikel jadul ttg gw di milis HTML... hahahaha

TAK banyak yang kenal sosok pria bertubuh subur ini. Maklumlah, dia memang jarang sekali kopi darat. Namun bukan sihir dan bukanlah sulap. Kehadirannya bisa dipastikan bila ada pergelaran acara makan-makan, gratis. Tapi kalau soal yang paling hapal seluk beluk milis Komunitas Honda-Tiger Indonesia, ada baiknya dialah yang dijadikan sumber utama untuk bertanya. Honda Tiger Mailing List (HTML) memperkenalkan: Alvie Syahrin!

Di belakang layar komputernya, pria kelahiran 6 Januari 1971 itu acap terlihat asyik membuka satu per satu posting-an rekan-rekan milis honda-tiger. Sekadar informasi, semua imel memang di-moderate, untuk kemudian di-approve sepanjang sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan. Ibarat penjaga gawang, jika sedang on duty, tak ada satu pun postingan imel berisi SARA, SPAM, atau OOT yang bisa lolos tampil milis honda-tiger bila berhadapan dengan blasteran Betawi-Sunda ini. Itu pasti.

Usut punya usut, Alvie sudah bergabung di milis honda-tiger sejak pertengahan 2003. Dia mengaku menemukan milis honda-tiger yang dikelola oleh HTML, lewat seach engine di Google. Sejak itu pula, ayah satu anak ini langsung bergabung dan giat di milis utama honda-tiger, plus dua milis satelit HTML, Parkit dan Palbut.

Keaktifan Alvie rupanya tak lekang dari perhatian para moderator milis lainnya. Kebetulan ketika itu, HTML lagi kelimpungan menghadapi traffic milis yang semakin hari semakin tinggi sehingga membutuhkan "darah segar" dari volunteer baru. Diliriklah Alvie sebagai seorang yang terpilih menjadi "barisan orang sibuk" dan diangkat menjadi Co-Moderator.

Tepat pada Desember 2003, Alvie resmi menyandang gelar dan duduk sejajar di jajaran Board of Moderator (BOM) HTML. Dia termasuk generasi kedua moderator milis HTML. Sayang regenerasi BOM tak berjalan mulus. Tak semua moderator yang ada bisa bertahan aktif. Dari kawan-kawan seangkatannya, hanya Alvie yang tetap anteng di jajaran BOM, hingga penggantian moderator generasi ketiga saat ini.

Approval 50 Imel Sehari

"Pertama kali jadi moderator asik juga, karena kesannya punya power gitu. Seleksi postingan orang sampai nge-ban imel orang. Abis nge-ban gua tinggal aja gak dibuka lagi. Rasanya puas banget," kata mantan anggota Jakarta Tiger Club (JTC) periode 1997-1999 itu. Namun yang paling disukainya adalah menge-set imel member yang bandel menjadi no posting. "Jadi dia bisa terima imel ratusan setiap hari, tapi gak bisa posting. Kan gondok," kata Alvie, terkekeh.

Dalam sehari Alvie terbiasa melakukan approval hingga 50-an pesan imel dan semuanya dibaca dulu satu per satu tanpa lolos. Sekarang imel dalam sehari sudah berjumlah ratusan, dan kali ini dia benar-benar tidak bisa mengerjakannya sendirian. "Untung moderator sekarang lebih aktif, tak seperti generasi kedua. Meski memang, sekali dua kali masih banyak canda-candaan dan one liner, bahkan orang jualan yang lolos," papar Alvie.

Hal yang tidak mengenakkan tentu saja ada. Tak terhindarkan, Alvie mesti selalu standby untuk membuka pending-an dan approval new member. Belum lagi ngedeletin imel yang berisi spam atau bahkan bermuatan virus, sehingga komputer moderator pun sering terkena getahnya. Untungnya, belakangan ini dia mengaku sudah jarang terkena cipratan sampah imel dan virus karena sudah hapal ciri-cirinya. Termasuk tentunya dibantu dengan sistem milis yang sudah diubah menjadi no attachment, hanya plain text saja.

Jadi Jago Mesin

Meski menyita waktu, pemilik pipi tembem ini mengakui bahwa pekerjaan sebagai moderator banyak manfaatnya jika benar-benar dilakoni. Misalnya saja dia yang awalnya sama sekali gak kenal internet, sekarang sudah bisa membuat website sendiri. Dari yang awalnya ndableg soal mesin motor, sekarang sudah paham seluk beluk trouble shooting. "Gua sekarang udah bisa servis sendiri, gak pernah ke bengkel lagi. Semua problem motor tahu solusinya, kecuali setel klep," ujar dia bangga.

Di sisi lain, Alvie juga belajar menghadapi berbagai karakter manusia. Alasannya, pasca menjadi moderator, tipikal yang tak kehabisan ide soal humor ini jadi lebih kenal banyak karakter dan sifat orang, hanya dari postingannya. Saking kenalnya, kehadiran Alvie bisa menengahi sebuah topik sensitif yang sedang ramai dibahas di milis.

Untuk urusan HTML, Alvie mengaku menghabiskan waktu minimal lima jam sehari, yang disambi dengan pekerjaan di kantor. Untung, bosnya gak pernah komplen soal "kerja sampingan" Alvie. "Bos sih enggak ada masalah, yang penting kerjaan kantor beres semua. Malah kadang sengaja, kerjaan kantor disisain buat Sabtu, biar ada lembur. Hahaha," kata Drafter AutoCAD bagian Engineering di salahsatu gedung di kawasan Mega Kuningan Jakarta ini sambil terbahak.

Bosnya juga tak mempermasalahkan meja kerja Alvie yang penuh pernak pernik barang berlogo HTML. Itu belum ditambah dua monitor di meja kerjanya yang ber-wallpaper logo komunitas honda-tiger terbesar se-Indonesia ini. Saking "HTML Minded", beberapa member HTML baru pernah mampir ke kantornya dan mengira sekretariat HTML ada di sana. Apalagi dari mulai parkir saja, para tamu sudah disapa ramah oleh satpam yang langsung menebak dia adalah anggota HTML dan mau bertemu Alvie karena datang memakai motor Honda Tiger.

Pernah Ingin Resign

Keaktifan Alvie ternyata tak cuma di milis honda-tiger. Dia juga menjabat moderator di sebuah milis khusus para pendiri HTML dan pejabat BOS. Lantas masih ada milis satelit HTML yaitu milis Palbut dan Parkit, serta Milis Lensa dan moderator Gallery Website HTML.

Saking load-nya cukup tinggi, Alvie pernah berpikir untuk "resign" dari jabatan moderator milis pada saat Sarasehan HTML 2006. "Tapi ternyata masih dipercaya oleh temen-temen HTML. Jadi, gak jadi. Lagipula selama masih bisa di depan komputer, kenapa enggak," ujar Alvie seraya tersenyum manis.

Di mata Alvie, di HTML-lah dia merasa nyaman bergaul dan belajar. Kesan pertama kali ketika kopdar dengan HTML membuat dia betah dan ingin memberikan komitmennya untuk komunitas ini. "Orang-orangnya intelek tapi mau membaur, enggak ada ngeblok-blokan. Yang modif sama enggak nyampur, senior yunior nyampur. Enggak ada iuran, tapi malah bisa untung buat anggotanya lewat koperasi," tegas Alvie.

Website Bukan Saingan

Mengenai website honda-tiger.or.id yang kini juga sudah besar, Alvie berpendapat keberadaan website bukan saingan bagi mailing list honda-tiger. Sebaliknya malah menjadi pendukung karena website lebih familiar bagi kalangan awam dan punya fitur yang lebih lengkap. "Milis honda-tiger gak akan lenyap meski ada website, karena banyak orang yang gak punya akses untuk browsing. Sementara kalo imel, sekarang hampir setiap pekerja punya imel. Apalagi nama HTML kan kepanjangan dari Honda Tiger Mailing List," jelas dia.

Buktinya, keanggotaan milis juga tak kalah dengan member website. Rata-rata dalam sehari terdapat dua member milis baru. Itu pun yang mengisi database, yang tidak mengisi lebih banyak dan tak terhitung. Untuk tetap menjaga kelangsungan milis honda-tiger Alvie berpesan, "Yang penting semua member milis ikut membantu aktif. Jangan hanya baca doang. Sekali-kali posting, jawab rekan lain yang tanya," kata dia. Juga semua member harus ikut menjaga jangan sampai posting one liner, OOT apalagi spam, termasuk iklan dagang tersembunyi di signature. Jadi nantinya, bukan cuma Alvie dan para moderator yang jaga gawang milis honda-tiger.

Artikel ini dibuat dalam rangka ultah milis honda-tiger yang ke 6.

HTML Say Thanks to Para Administrator dan Moderator Milis Honda-Tiger:

BOM Masih Aktif Saat Ini

Dinar Arifieanto #001

Alvie Syahrin #111

Kapal Moefid #044

Jeffry Mamentu #075

Ady Permadi #152

Ahmad Junaedi #493

Adhi Setiawan (Bongkibong) #958

Budiyono (Tuob) #077

Engkos Koswara#1074

Eriasmono #1140

Faisal Fals #563

Fajar Ibnu Sofyan #290

Kharaja Alepho Pratyaksa #1020

Rudi Ariyanto #579

Yunawan Kurnia (Uyunk) #888

Mantan BOM :

Suharjo Nugroho (Jojo) #002

M. Joni #010

Markus #169

Tatok Indriyanto #007

Iwan Romadhona #124

Boyke Sutendi #085

Vehonk Kahfianda #248

Riza Fariza #196

Hudi Wahyu Utomo #011

Jakarta 7 November 2006

TIM REDAKSI

%d comments
  • Interested!

  • Mention ke Dinar ah

  • artikel ini gk tau yg nulis di web dan milis si Tuob atau Stephen , tapi yg wawancara gw sih si Jojo di waroeng HTML milik bang Yos di ps.minggu yg skrg udah tutup.

  • Ok..

  • Ehmp... name dan email elu masih jadi mods di millist utama noh...

    Hayooo kerja!!!

    *tendang2in Si Ikbal, Alvie Syahrin dan Fandi Amrullah*

  • Kita apus apa namanya nar?

    #kabur

  • Jangan Bal

    Gue bukannya takut

    Cuman ngga mau kuwalat. Loe lihat, lahir tahun berap tuh orang?

  • hmmmm pffff abang Alvie Syahrin, terlaluh... ninggalin saya berdua sama Si Ikbal.

  • Wakakaa iyaaaa

  • Seandainya semua masih diterapkan...

    Eh

  • 2 hari ini gw baru eprup 1 trit, nar... sepi yak skrg milis

  • kuatin iman lo fan, Si Ikbal emg menggoda

  • Jangan baper wakakakaka...

  • biar Homok saya juga milih2 Kong #eeh

  • ooh... kalo gitu pilih kwartet olgalovers ini, colek2in Jemian, Antz, Wira, Andenko

  • Njirr kenapa gue sih kong!!

    #sleped

  • Kangen sama web html uy

  • iye kang, apalagi sutbok ye, mati surinye lama amat yak

  • Kpan nih hidup lgi

  • *colek Ady Permadi

  • Nungguin jg..

  • Data2 postingan masih ada gak ya?

  • di milis? ada

  • Katanya yahoo mau tutup, apa bener kang?

  • dijual, gk tau ntar ama owner baru ditutup apa nggak